Cara membuat fungsi terbilang

pada Thursday, December 15, 2011

Cara membuat fungsi terbilang pada microsoft office excel, fungsi terbilang ini dapat di instal pada office 2003, 2007, maupun 2010 dengan cara yang mudah dan cepat. Sebelum mencoba cara membuat fungsi terbilang ini alangkah baiknya apabila mengenal dulu apakah fungsi terbilang pada excel itu? baiklah saya Eko Priyanto akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan fungsi terbilang? Fungsi terbilang adalah sebuah fungsi atau rumus pada microsoft office excel yang berfungsi untuk mempermudah penulisan suatu bilangan angka atau jumlah yang akan disebutkan.
Biasanya ini akan sangat berguna jika sobat sering membuat kwitansi, untuk menyebutkan jumlah uang yang ditulis dalam kwitansi kita cukup menuliskan rumus terbilang tersebut, sebagai contoh kita menerima sejumlah uang dari seseorang untuk pembayaran sesuatu dan ditulis dalam excel 50000 dan tentunya harus ada terbilang yaitu Lima Puluh Ribu Rupiah dalam kwitansi tersebut untuk memperjelas jumlah yang diterima. Untuk menulis Lima Puluh Ribu Rupiah tersebut kita hanya perlu memanggil rumus terbilang pada excel yaitu “=terbilang(A1) dan tekan enter, maka akan langsung tertulis “Lima Puluh Ribu Rupiah” secara otomatis.

Penjelasan rumus, A1 yang berada dalam kurung pada rumus tersebut adalah cell dimana angka 50000 ditulis, jika sobat ingin menginstal fungsi terbilang tersebut pada excel sobat, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini secara berurutan dan teratur supaya penginstalan berjalan tanpa kegagalan.

  • Download fungsi terbilang terlebih dahulu disini

  • Setelah selesai mendownload file tersebut, buka microsoft office excel sobat dan klik menu Tools / Add-ins / Klik Browse dan cari dimana file terbilang yang tadi didownload disimpan.

  • Selanjutnya klik file terbilang tersebut dan klik Ok lalu klik Ok lagi, sampai disini fungsi terbilang sudah terinstal pada office excel sobat.

  • Langkah selanjunya adalah mencoba dan meng-check apakah fungsi terbilang tersebut sudah terinstal dengan baik dengan cara mencobanya.

Selamat mencoba, jika sobat kebingungan untuk mendownload file terbilang tersebut silahkan baca cara mendownloadnya disini