Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya

pada Wednesday, December 20, 2017

Penyakit Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya - Gonore atau kencing nanah yaitu salah satu penyakit menular seksual yang awam dan disebabkan oleh kuman bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pria ataupun wanita dapat terjangkit penyakit ini. Bakteri gonococcus biasanya ditemukan di cairan penis dan Miss V dari orang yang terinfeksi.

Bakteri penyakit ini bisa menyerang anus, servik (leher rahim), uretra (saluran kencing dan air mani), mata, dan tenggorokan. Baca juga: Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya

Gonore paling sering menular melalui relasi seks, seperti seks oral atau anal, mainan seks yang terkontaminasi atau tak dilapisi dengan kondom baru tiap-tiap dipakai, dan terkait seks tanpa menerapkan kondom. Bayi juga bisa terinfeksi ketika cara kerja kelahiran sekiranya ibunya mengidap penyakit gonore dan lazimnya menjangkiti mata bayi, hingga berpotensi mengakibatkan kebutaan permanen.

Kuman gonore tak bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama, itu sebabnya gonore tidak menular melalui dudukan kamar kecil, kelengkapan makan, berbagi handuk, kolam renang, berbagi gelas, kecupan, dan pelukan.

Gejala Gonore

Sekitar 10 persen pria yang terinfeksi dan 50 persen dari wanita yang terinfeksi tidak mengalami gejala sehingga banyak penderita gonore menularkannya terhadap pasangan mereka tanpa disadari.
Umumnya lebih mudah untuk mengenali gejala gonore pada pria dibandingkan wanita karena gejala awal pada wanita mungkin betul-betul ringan atau tidak semacam itu terang sehingga sering keliru dianggap sebagai infeksi vagina atau infeksi saluran kemih. Namun demikian, infeksi akan menjalar ke organ panggul wanita jikalau tak langsung diobati dan dapat menyebabkan perdarahan pada organ intim wanita, sakit pada perut komponen bawah, demam, dan sakit dikala mengerjakan hubungan seksual.

Gejala gonore yang sering timbul, bagus pada pria ataupun wanita, di antaranya ialah ketika buang air kecil akan terasa sakit atau perih dan keluarnya cairan kental seperti bernanah berwarna kuning atau hijau dari Miss V atau penis. Oleh sebab itu, penyakit ini dikenal dengan sebutan ‘kencing bernanah’.

Diagnosis Gonore

Ada beberapa metode untuk menegakkan diagnosis gonore pada seseorang. Pada hampir sebagian besar kasus, dokter akan melaksanakan pengujian sampel cairan dari vagina atau penis untuk kemudian diperiksa di laboratorium.
Pada wanita, dokter atau perawat umumnya akan menggunakan cotton bud untuk mengambil sampel cairan di vagina atau mulut rahim. Tetapi, dokter mungkin juga dapat meminta pasien untuk menggunakan tampon guna mengambil sampel cairan tersebut. Prosedur ini tidak memunculkan rasa sakit, tetapi pasien mungkin akan merasa sedikit tak nyaman. Baca juga: Penyakit Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya

Prosedur pada pria sedikit berbeda, di mana dokter mungkin akan memeriksa sampel air seni pasien untuk kemudian diperiksa akibatnya di lab. Pemeriksaan air kemih ini kurang akurat kesudahannya pada pasien wanita. Selain itu, dokter mungkin juga akan mengambil sampel cairan yang keluar di ujung penis dengan mengaplikasikan cotton bud.

Pengobatan dan Pencegahan Gonore

Dokter biasanya akan memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik untuk mengobati gonore, serta memberi rekomendasi agar Anda kembali lagi satu atau dua pekan sesudah pengobatan permulaan untuk pemeriksaan ulang dan memastikan bakteri gonore telah sirna sepenuhnya.
Gejala dampak kuman gonore akan membaik setelah beberapa hari sekiranya dilaksanakan pengobatan yang tepat sasaran dan sesegera mungkin. Tetapi seandainya dibolehkan, dapat menjadi masalah yang serius.

Untuk mencegah penularan pada orang lain atau terinfeksi kembali, Anda dan pasangan Anda sebaiknya tak terkait seks sampai perawatan benar-benar tuntas dan pemeriksaan ulang telah rupanya negatif.

Anda bisa terkena penyakit gonore kembali bila tak mengerjakan hubungan seks yang sehat dan aman di kemudian hari. Metode terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual merupakan dengan tak berganti-ganti pasangan, tidak mengerjakan relasi seksual di luar nikah, dan pakai kondom seandainya menjalankan hubungan seks.

Demikian merupakan kutipan tentang Penyakit Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya yg bisa kami rangkumkan untuk Bapak/ Ibu sekalian. Semoga bacaan tersebut bermanfaat dan bisa menambah ilmu untuk Agan semua.