Tips aman terhindar dari pemendekan URL

pada Saturday, January 28, 2012

URL merupakan sebuah singkatan dari Uniform Resource Locator merupakan rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL atau alamat web sering di pendekan atau bahasa sehari-harinya sering disebut dengan URL shortened yang merupakan suatu fasilitas yang diberikan oleh website tertentu untuk memendekan URL atau alamat web yang terlalu panjang. Salahsatu situs pemendekan alamat web yang terkenal adalah adf.ly, ini adalah salahsatu situs yang membayar membernya apabila url yang dipendekan dikunjungi oleh user lain dan jumlah kunjungan ke url yang dipendekan tersebut memenuhi jumlah atau syarat untuk mendapatkan bayaran dari adf.ly

Namun banyak user yang tidak bertanggung jawab yang justru memanfaatkan situs-situs pemendekan URL untuk menyamarkan link-link berbahaya atau link palsu yang mengarahkan user ke situs yang berbahaya. Sekali terjebak bisa-bisa komputer kita bisa terserang program yang berbahaya atau nyasar ke situs phishing. Untuk itulah kita perlu berjaga-jaga dengan link-link atau alamat web yang dipendekan sebelum meng-clicknya. Mengapa seperti itu? mari kita simak jawabannya dibawah ini.

  • URL yang dipendekan mungkin saja bisa mengarah ke situs yang berbahaya dan mengandung malware yang dapat membahayakan perangkat komputer kita.

  • Jangan yankin dulu url yang dikirimkan teman anda itu bersih dan aman, bisa saja mengandung konten yang berbau pornografi.

Lalu bagaimanakah cara check apakah url yang akan kita klik itu benar-benar aman dari kemungkinan-kemungkinan diatas? ada beberapa website yang menyediakan pelayanan URL expander, yaitu website yang dapat memeriksa url yang dipendekan yang akan kita tuju, sehingga kita bisa mengetahui apakah url tersebut aman atau tidak untuk kita. Berikut adalah daftar situs url expander yang dapat kita akses.

LongURL

Situs ini dapat menunjukan URL asli dari sebuah URL yang dipendekan, selain itu LongURL juga dapat menyajikan informasi berupa Meta Keywords dan Meta Description, sehingga kita bisa mengetahui apakah sebuah url aman atau tidak dengan melihat data dari meta tag url yang akan kita tuju tersebut. LongURL mendukung banyak situs pemendekan URL seperti tinyurl.com, is.gd, ping.fm, ur1.ca, bit.ly, snipurl.com, tweetburner.com, metamark.net, url.ie, x.se, 6url.com, yep.it, piurl.com dan masih banyak lagi yang lainnya.

Where Does This Link Go

Desain yang sangat sederhana, proses load yang sangat cepat, minimalis, namun tetap bisa diandalkan, itulah Where Does This Link Go. Situs ini dapat menunjukan kemana tujuan URL yang dipendekan tersebut akan mengarah.

URL X-ray

Desain latar belakang hitam gelap, menyediakan bookmarklet juga yang dapat diinstal pada browser kita, jadi kita tidak harus selalu susah-susah mengunjunginya ketika akan menge-check suatu URL yang dipendekan.

LinkPeelr

Situs ini juga dapat menunjukan URL asli dari URL yang dipendekan, kita hanya cukup memasukan URL yang dipendekan dan tunggu beberapa saat untuk memberikan waktu mengecheck LinkPeerl menge-check url yang akan dituju dari URL yang dipendekan tersebut.

Sucuri

Ini merupakan salahsatu layanan URL Expander gratis yang dapat menunjukan URL yang akan dituju dari URL yang dipendekan, selain itu Sucuri juga memberikan rujukan apakah url aman atau tidak dengan bantuan Google Safe Browsing.